Senin, 27 Oktober 2014

Jangan Cuma Tahu, Tapi Mau


Assalamu'alaikum wr.wb

Penulis lagi benar-benar merasa sedang bergairah untuk menulis nih, alhamdulillaaaaah. Ga nulis sehari aja rasanya gatel banget ini jari mau ngetik, gaya yaa? Biar lah yaaa, daripada ngelakuin hal negatif, mending hal positif, betul toh? hehe

Di tulisan ini, penulis sangat ingin membahas tema yang intinya ngebahas tentang rokok, apapun itu yang penulis bisa tulis yang penting. Mudah-mudahan sih tetep bisa ngasih masukan dan inspirasi ke yang baca ini biar ga mubazir saya nulisnya. Judulnya ini aja deh, Jangan Cuma Tahu, Tapi Mau.

Saya termasuk salah seorang yang sangat menentang rokok. Tapi sejujurnya, saya pun ga bisa ngelarang orang untuk ngerokok, saya yakin teman-teman non perokok juga pasti ngerasa gitu kan? Yang bisa kita lakuin apa sih untuk perokok? Paling ya nasihatin, tapi apa ya yang dinasihatin denger, peduli? Jarang, betul ga? (Kalo salah, mohon koreksi ya).

Saya alhamdulillah pernah dipercaya untuk jadi pembicara di salah satu acara yang diadain mahasiswa/i salah satu universitas di Jakarta untuk siswa/i SMA di Bogor, disitu saya ngebahas narkoba dan juga rokok. Dalam sesi tersebut, saya mengatakan kepada siswa/i SMA secara terbuka dan jujur (karena sifat saya mungkin yang memang agak frontal dan lebih senang berkata apa adanya), "saya nih ya, kalau ada orang ngerokok di depan saya, pengen saya tusuk-tusuk sampai mati, daripada saya yang mati karena asapnya", frontal sih tapi gapapa lah ya insya Allah.

Saya sejujurnya suka bingung sama orang-orang yang ngerokok. Padahal di bungkus rokok k=ditulis kalau merokok itu dapat menyebabkan kanker, gangguan kehamilan, serangan jantung, dan impotensi. Bayangin nih bayangin, IMPOTENSI (baca : penyakit ini khusus cowok, cewek ga masuk). Masya Allah banget kan? Kanker, jantung, ga pada takut. Impotensi cooooy? Dahsyat lah ini mah. Tapi apa pada berhenti? Cek sendiri dah coba, hehe

Yang sekarang di bungkus rokoknya malah lebih sadis gambar-gambarnya. Ada yang mukanya diasepin lah, ada yang lehernya bolong lah (itu pita suara jadi rusak kalo ga salah deh), apa lagi saya lupa. Tapi apa itu ngaruh? Gaaa. Kok saya tahu? Ya tahu lah, secara tempat saya sering ngumpul isinya hampir perokok semua yang cowok. Yang cewek ngerokok ga Dit? Tampoool niih.

Waktu hari anti rokok sedunia, apa ngaruh tuh orang jadi berhenti? Nooo. Waktu dinasihatin pribadi sama teman atau siapapun? Noo. Waktu udah ada gambar di bungkus rokoknya apa ngaruh? Tidak juga ternyata. Jadi apa ya yang bisa buat orang berhenti ngerokok? Ada yang tahukah? Bantu saya mikir, terus jawab doong.

Oke terakhir, apa waktu perokok ngerokok dimana gitu, apa banyak yang ga enakkan sama yang di deketnya? Sedikit deh kayaknya (kayaknyaaaa). Tapi 1 yang saya tahu, perokok minta dihargain hak untuk mereka bisa ngerokok, oke no probelm kalo yang itu, tapi tidak sedikit perokok yang ga ngehargain orang yang ga ngerokok loh (maaf, sekali lagi maaf, niat saya bukan untuk menjudge perokok, ini hanya pengalaman pribadi yang saya tuliskan disini).

Ternyata setelah dipikir pikir nih ya, masalahnya tuh cuma 1. Apa itu? Saya yakin, perokok itu bahaya efeknya, saya yakin perokok tahu kalau rokok itu cuma buang-cuang duit, tapi ternyata tahu aja ga cukup untuk buat orang jadi berhenti ngerokok, betul? Ternyata ada yang jauh lebih dahsyat daripada tahu, MAU. Ya MAU. Ternyata untuk bisa berhenti ngerokok itu kuncinya bukan cuma tahu guys, tapi mau juga, seriusan loh ini.

Saya bukan orang yang ga pernah ngerokok loh, seriusan. Saya waktu SD pernah nyoba rokok karena mas saya iseng nawarin saya, ya dengan jiwa keingintahuan saya yang tinggi, saya cobalah itu rokok. Sekali hisap, alhamdulillah batuk seharian ga kelar-kelar. Abis itu apa saya lanjut ngerokok? Alhamdulillahnya lagi GA.

Ternyata saya waktu kecil sudah bisa mengerti yaaa, hahahay. Saya tahu rokok itu bahaya, tapi tetep saya coba. Dan saya batuk seharian, akhirnya saya mutusin MAU berhenti dari yang namanya ngerokok (gaya abis ya, baru sekali hisap doang langsung berhenti). Tapi itu bener loh, pengen berhenti ngerokok itu kuncinya MAU. Percuma tahu kalau ga mau, bener kan?


1 lagi, orang ga akan berhenti ngerokok sampai penyakit yang ada di bungkus rokok terbaru (saat saya nulis ini tulisan loh ya) kena ke perokok. Ti siapa sih yang mau kena penyakit yang modelannya ga jelas gitu? Makanya, sebelum kena itu penyakit, mending coba berhenti yang namanya ngerokok. Selain nyusahin orang, nyusahin diri sendiri juga lagi. Duit untuk beli rokok, ditabung setahun aja, pasti kebeli itu 1 motor. Bagus kan? Lebih bagus lagi, kalau bisa dipakai sedekah. Wuaaah, makin dahsyat itu.

Seperti biasa, ada beberapa poin yang penulis ingin sampaikan disini nih :
1. Kunci orang sukses berhenti ngerokok itu harus ada kata MAU. MAU disini maksudnya benar-benar punya keinginan untuk ga ngerokok, pelan-pelan saja (lagu band kotak).
2. Sering-sering liat bungkus rokok yang terbaru sama tulisan efek dari ngerokok. Kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan, lebih frontal lagi , merokok membunuhmu!! Nyooooh, udah begitu masa ga takut sih?

Terakhir, tujuan penulis ini sebenernya lebih ke perokok sih. Tapi untuk yang bukan perokok, mungkin bisa bantu ngasitau temennya yang ngerokok untuk baca tulisan ini, hahaha *promosiin gituuuh. Saran untuk teman-teman yang bergaul sama teman perokok dan merasa kurang nyaman sama sikap mereka yang suka ngerokok sembarang tempat, kuncinya, nasihatin, sama sabar, hehehe.

Kalau ada kata-kata atau kalimat yang kurang berkenan, menyinggung, mohon maaf yaa. Sekali lagi, saya cuma manusia biasa yang sering berbuat kesalahan, berbuat dosa, cuma Allah Yang Maha Benar, yang ga pernah salah milih yang terbaik untuk manusia. Setuju? Sepakaaattt. Gitu yaa, semangat untuk perokok perokok yang ingin berhenti ngerokok. Semangat untuk teman-teman yang punya pacar, kekasih perokok, bantu mereka untuk mau berhenti ngerokok yaa :) . . . .

Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar