Selasa, 24 November 2015

Yuk Jaga Silaturahim


Salah seorang sahabat bertanya kepada saya, “Dit, elu kok kayaknya kalau pergi kemana, pergi kemana, pasti ada aja temen disana dan selalu ketemu sama dia sih? Keren dah” . Pertanyaan ini bukan hanya satu orang yang menanyakan kepada saya, tapi beberapa. Pikirku, “Mungkin mereka heran kali yak gua ada temen dimana-mana, hehe” .

Kemudian pertanyaan itu juga membuat saya sebenarnya bingung harus menjawab apa. Karena yang saya lakukan hanyalah hal yang rutin saya lakukan. Dan saya pun tidak menyangka jika saya pergi ke suatu kota karena urusan-urusan tertentu, entah itu hanya main atau urusan pekerjaan, pasti ada saja teman yang bisa dikunjungi.

Lantas saya kembali mengingat apa yang telah saya lakukan sehingga saya bisa membuat beberapa sahabat saya merasa heran. Ternyata saya sadar bahwa saya ini sangat senang untuk menjalin silaturahim. Saya termasuk tipe orang yang sangat senang jika mendapat teman baru, kemudian lebih senang jika orang tersebut berasal dari daerah yang berbeda dengan saya sekarang.

Kenapa saya senang jika mereka tinggal di daerah yang berbeda dengan saya? Apalagi jawabannya jika bukan karena ketika saya berkesempatan untuk berkunjung ke daerahnya, bisa dibantu untuk menjelaskan daerah yang saya kunjungi. Baik itu tempat wisata, kuliner, dan yang lainnya yang mungkin saya tidak terlalu memahaminya jika saya sendiri.

Dan saya sangat senang jika saya selalu berusaha ketika saya pergi ke suatu daerah, walaupun tidak bisa bermain bersama teman, namun selalu berusaha untuk bertemu hanya sebentar. Bukan karena sombong tidak ingin main bersama, namun terkadang memang benar-benar tidak bisa, hehe.

Sebagai contoh, belum lama saya pergi ke Jogja bersama teman-teman satu kelompok di kantor. Walaupun kami sudah memiliki jadwal untuk pergi ke tempat ini, pergi ke tempat itu, lalu kemudian saya mengizinkan diri saya untuk mengunjungi sahabat saya yang berada di Jogja. 

Karena dasarnya saya memang pernah menempuh studi disini, jadi ini bukan daerah yang asing bagi saya dan alhamdulillah saya memiliki beberapa teman disini sehingga kesempatan saya untuk dapat silaturahim menjadi lebih mudah.

Saya sangat yakin sahabat pembaca semua juga senang melakukan hal yang sama dengan apa yang saya lakukan. Senang untuk silaturahim. Karena memang dianjurkan bagi kita, mungkin bukan hanya dalam agama Islam saja, tapi agama lain pun dianjurkan untuk seperti itu. Maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak melakukannya.

Tidak ada ruginya menjalin silaturahim, tidak ada ruginya bertemu dengan teman yang berbeda daerah dengan kita ketika berkunjung ke daerahnya. Sebaliknya, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Betul tidak? Wehehehe.

Sahabat, bukan maksud saya untuk pamer atau sombong. Namun ini untuk pengingat diri saya sendiri dan juga semoga mengingatkan sahabat yang membaca tulisan saya ini untuk bagaimana kita benar-benar wajib untuk menjaga apa yang sudah kita lakukan. Menjaga teman yang sudah kita kenal untuk tetap terjaga silaturahimnya.

Jangan sampai apa yang sudah kita dapatkan kemudian terlepas. Benar kata pepatah, mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya. Tapi karena lebih sulit itulah, pahala yang akan kita raih juga insya Allah akan lebih besar dibanding saat meraihnya. Dengan berbagai tantangan, alasan yang ada. Bagaimana kita bisa mengatur agar semua itu tidak menghalangi kita.

 Semangat menjaga ukhuwah perdamaian
Semangat untuk tetap menjalin tali silaturahim demi kehidupan yang menyenangkan

0 komentar:

Posting Komentar