Rabu, 29 Oktober 2014

Allah Maha Pengertian, Betul?



Assalamu'alaikum wr.wb

Ketemu lagi nih sama Adit si penulis amatir yang masih belajar untuk menulis yang baik-baik. Yaa walaupun ga bagus-bagus banget tulisannya, minimal ada usaha untuk nulis dan mudah-mudahan berguna untuk yang baca juga. Amin

Saya benar-benar ingin menulis tentang ini dari kemarin, tepatnya setelah saya mendengar seseorang bertanya kepada saya seputar Allah. Ini adalah tulisan kelima saya pada bulan ini, bahkan mungkin selama saya memiliki blog ini sejak 4 tahun yang lalu, hehe (makluuum, baru berani untuk nulis). Tulisan ini saya bingung mau ngasih judul apa sebenernya, tapi mungkin ini yang paling pas. Apa itu? Niih, judulnya "Allah Maha Pengertian, Betul?".

Jadi, sebenernya judul yang saya kasih ini karena saya lagi-lagi gelisah sama banyak orang yang ngomong tentang hal yang nanti bakal saya jelasin di bawah. Kalau ga salah, saya pernah cerita kalau saya dulu mungkin termasuk orang yang blangsak. Kenapa? Karena saya sering banget nunda-nunda yang namanya solat, bahkan kadang-kadang sampai males yang namanya solat. Itu terjadi waktu saya kulian di pertengahan. Apa saya senang? Apa saya tenang? Jawabannya, TIDAK. Ya, itu kejadian waktu saya masih blangsak.

Akhirnya, saya nemu titik jenuh dimana saya bener-bener ga nikmatin yang namanya hidup. Parah kan? (hiks hiks). Akhirnya saya ga sengaja nemu 1 kumpulan buku yang isinya 10 buku saku salah satu ustadz favorit saya. Saya alhamdulillah bisa beli, dan saya baca. Setelah baca itu, subhanallah saya ngerasa kesindir, kesentil, ketampar, bahkan kalau boleh ngomong "bunuh aja gw krn gw udah blangsak, bunuh daaah". Dan alhamdulillah saya akhirnya belajar untuk berubah ke jalan yang lebih baik dan benar.

Disitu saya baca yang intinya gini, "Kalau mau sesuatu yang menurut kita berat, yaa ibadahnya jangan yang gitu-gitu aja". Ada lagi yang lainnya kayak gini nih, "Solat itu undangan dari Allah, masa iya kita nunda-nunda panggilan dari Allah?". Dua kalimat itu yang buat saya ngerasa "Bego". Kenapa? Karena selama ini saya ngerasa biasa aja dan ga ngerasa kalau udah salah. Masya Allah, parah banget kan? Kok saya ga malu cerita gini? Malu laaah, cuma ya namanya sharing jadi ga perlu bohong atau dikurangin toh, jujur lebih enak, hehe.

Yak, setelah baca itu buku saya jadi sadar, kalau selama ini saya ngerasa ga nikmat,ga seneng karena jauh dari Allah. Jauhnya kayak gimana? Yaa itu tadi, solat ditunda-tunda. Padahal yang namanya solat kan tiang agama ya. Saya pernah denger atau baca kalau ga salah bunyinya gini, "Kalau mau gampang liat orang itu baik atau ga, coba liat solatnya. Tepat waktu apa ga, buru-buru apa ga". Itu. Mikiir, mikiir, ternyata bener juga itu loh, coba deh dipikir sendiri.

Alhamdulillah, setelah itu saya selalu berusaha untuk solat tepat waktu. Kenapa? Masa masih nanya alesannya? Oke oke, saya kasitau deh alesannya. Yang paling utama nih ya, solat itu undangan yang Allah kirim untuk kita loh. Sekarang namanya undangan dari sesama manusia aja kalau untuk kondangan nikahan, disunahkan untuk dateng. Itu manusia loh yang ngundang. Lah, ini Allah loh yang ngundang, masih mau mikir sama kalau ini sunah kita untuk hadir? Yakaliiii.

"Tapi kan kita bisa solat nanti-nanti, toh waktunya masih lama, bener ga?". Nahloh, gimana tuh jawabnya kalau ada yang nanya atau ngomong gitu? Hihihiii. Jujur, saya dulu ya begitu. Tapi coba deh dipikir lagi ya, sekarang umur siapa sih yang tahu? Apa kita tahu kalau misal 5 menit ke depan kita masih hidup? jangankan 5 menit, 1 menit aja. Yakin masih hidup? Ya enak kalau kita tahu kita bakalan masih hidup, lah kalau udah engga gimana ceritanya tuh? Mau meninggal dalam keadaan belum solat wajib? Hiii, ngeri looh.

Waktu di tempat saya sekarang main pernah ngadain kegiatan di salah satu mall di Jakarta Selatan dan itu hari Jumat, butuh persiapan dari pagi, sementara acara baru sore. Ada loh yang ngomong gini waktu disuruh solat Jumat sama temen cewe, "Allah juga ngerti kok kalau kita begini". Sontak, saya kaget ketika temen saya ngasitau saya kalau ada yang bisa ngomong gitu. Kenapa saya kaget? Ya kagetlaaah, emang kalian ga kaget? hehe. Terus, kemarin pas saya lagi ada acara di salah satu kampus di Kalibata, ada yang nanya gini, "Allah kan Maha Pengertian ya kalau tugas kantor kita tuh sibuk banget, jadi masa Allah ga ngerti sih?".

Nahlooooh. Kenapa iniii. Saya mau nyoba bantu jelasin yangbisa saya jelasin dan saya yakin kita semua juga pasti tahu tentang hal ini, cuma ya itu, masalah mau apa ga nya kita ngejalanin. Nih ya, Allah itu Maha Pengertian kok, apalagi kalau tugas kita sibuk, wetsaaaah sadiiiiis. Allah nyuruh Rasul Muhammad utk solat 5 waktu (pas proses Isra Mi'raj) dan lakuin tepat waktu. Coba deh renungin bareng-bareng guys, kita minta Allah ngertiin kita, tapi apa kita ngertiin Allah?

Kita minta Allah untuk tahu kondisi kita, Allah ya tahu laah. Sekarang nih gampangnya, kalau misal kita minta dingertiin sama Allah padahal urusan sepele, solat tepat waktu doang yang mungkin solat sendiri paling lama setengah jam lah + zikir + doa. Oke Allah ngerti. Nah sekarang, kalau misal, misal loh ya, kita pengen minta digampangin rezeki sama Allah karena lagi kesulitan keuangan, mau ga kita nunggu? Pasti hampir dari kita semua pengennya cepet kan? Ngaku aja kalii.

Lah kalau udah tahu kayak gitu, ga pengen dinanti-nantiin sm Allah, kenapa kita harus nanti-nantiin panggilan Allah? Ngeri loh itu. Contoh lain yang saya juga belum ngalamin sih, tapi insya Allah bakal ngalamin juga nanti, kalau misal kita nanti pas kumpul di Padang Mahsyar yang mataharinya cuma sejengkal dari kepala kita (yang katanyaa kita bakal kerendem sama air keringet kita sendiri), pasti pengennya cepet-cepet selesai kan disitu? Bener ga? Trus masuklah ke neraka, dimana pengennya cepet keluar darisana tapi dinanti-nantiin sama Allah karena sepele, kita nanti-nantiin yang namanya panggilan/undangan Allah. Itu undangan langsung dari Allah loh.

Makanya saya kalau jahat, pengennya mah nusuk-nusuk aja orang yang kayak cerita di atas itu. Karena apa? Sedih loh, harusnya kita yang ngertiin Allah, tapi malah kita minta dingertiin Allah hanya karena hal-hal yang mungkin bisa diselesaikan nanti, setelah solat mungkin. Allah mah ga masalah kita mau nunda apa ga, mau solat apa ga, ga ada ruginya buat Allah, tapi ruginya untuk kita sendiri. Bener deh.

Jadi tulisan saya ini ada beberapa poin sih yang pengen disampaikan disini :
1. Jangan nunda-nunda yang namanya waktu solat deh.
2. Solat tuh tiang agama, kepribadian orang bisa dilihat saah satunya dari dia solat. Tepat waktu apa ga.
3. Yang namanya Allah mah ga bakal rugi kita ga solat juga, yang rugi kita sendiri. Tapi dengan 1 syarat kalau mau ngerasa kita itu yang rugi, inget-inget akhirat dah yang paling gampang.

Tulisan yang saya buat ini bukan untuk ngejudge orang loh ya, bukan. Tapi sekedar sharing aja. Saya pernah ngerasain yang namanya nunda-nunda waktu solat wajib, dan itu sama sekali ga ada nikmat-nikmatnya ngejalanin hidup. Tapi setelah coba berubah, alhamdulillah ngerasa nikmat ngrjalanin hidup. Gituu. Mungkin buat temen-temen yang masih kayak saya dulu, yang hobinya nunda-nunda waktu solat, jangan pernah nikmatin yang kayak gitu, asli. Berubah deh, minimal perubahan jadi lebih oke pasti ada. Yang belum oke, bisa oke. Yang udah oke, makin oke.

So, "Allah Maha Pengertian, Betul?" Think smart before you answer this question :) . . . .

Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar