Rabu, 05 Oktober 2016

Langkah satu dapat kerja




Satu hari saya lupa tepatnya kapan, ada teman yang berkata kepada saya seperti ini, “bro, wah enak banget lu sekarang kerja di kementrian. Aman dah itu. Asal ga neko-neko, hidup sampe tua aman dah”.

Saya yang mendengar teman saya itu hanya bisa tersenyum sambal berpikir dalam kepala. Ingin rasanya kala itu saya mengatakan padanya, “yaudah nih elu gantiin gua aja kalo emang bisa mah”. Hehe. Tapi sayangnya ga bisa hal itu yak.

Kemudian ditanyailah ujian seperti apa saja yang saya kerjakan saat mengikuti tes seleksi masuk kementrian. Saya jelaskan dengan rinci macam-macam ujian yang saya lewati.

Tapi kemudian dia berkata lagi, “untung banget yak berati lu bisa diterima. Padahal 1 banding 9 dulu”. Maksudnya 1 banding 9 itu lowongan sebenarnya hanya untuk 1 orang tapi diperebutkan oleh 9 orang. Waw sekali lah pokoknya.

Lalu, dia meminta tips and trick bagaimana cara agar dia bisa seperti saya. Minimal bisa kerja lah. Dia meminta seperti itu karena memang sudah cukup lama belum mendapatkan pekerjaan. Dipanggil untuk interview juga jarang banget.

Sahabat, bagaimana kalau sahabat semua yang ditanya seperti itu oleh teman? Biasanya tidak sedikit dari kita pasti akan menjelaskan caranya yaa dengan belajar, sebar aja lowongan yang mana yang buka, nanti pas interview bohong dikit lah, apalagi kalau ditanya tentang kepribadian. Kok saya tahu ya? Yak karena saya pernah bertanya dan diberi informasi seperti itu.

Alhamdulillah saya saat tidak kunjung mendapat pekerjaan, saya mendengar guru saya mengatakan seperti ini kurang lebih, “manusia tuh kerjanya ngeluh aja. Dikasih enak ngeluh, dikasih ga enak makin ngeluh. Maunya apa sih. Bersyukur napa. Minta sama Allah. Inget, semua yang kita dapet itu dari Allah. Inget nih, Allah dulu, Allah lagi, Allah terus”.

Karena hal itulah akhirnya saya banting setir. Yang tadinya pusing banget ga dapet-dapet kerja. Ngeluh mulu. Akhirnya saya berusaha untuk mencoba menganti cara berpikir saya. Mungkin bagi yang sahabat yang belum kerja, atau bahkan sudah kerja tapi tidak menikmati bisa dicoba.

“Alhamdulillah gw belom kerja. Berarti gw disuruh bantu orangtua. Nganter ibu ke kantor. Jaga bapak di rumah. Disuruh berbakti dulu sama Allah”

“Alhamdulillah gw masih bisa kerja disini walaupun agak gimana gitu. Tapi kalau dilihat, daripada ga kerja, alhamdulillah Allah masih gw kesempatan untuk meraih rezekinya disini”


MANTEP!!

Kalau kita sudah bisa berpikir seperti itu, insya Allah jalan kita ke depan akan dimudahkan deh. Positive thinking sama Allah itu wajib.

So, itulah langkah paling mudah yang bisa dan seharusnya kita lakukan ketika kita merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan pekerjaan. Ubah mindset, positive thinking, taat sama orangtua. 

Langkah apa saja yang selanjutnya harus dilakukan, akan saya share di lain tulisan ya insya Allah.
Mohon didoakan agar saya selalu dalam keadaan sehat dan bisa bermafaat walaupun belumlah besar.

0 komentar:

Posting Komentar