Kamis, 06 November 2014

Kufur nikmat? Jangan coba-coba


 

Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat sore semua pembaca blog saya ini. Gimana kabarnya nih? Semoga semua dalam keadaan ga berkurang sedikitpun ya, aamiin. Saya lagi pengen cerita nih pengalaman saya yang belum lama saya dapetin baru-baru ini. Apa tuh? Yuk ikutin aja yaaa, hehe.

Akhir-akhir ini saya benar-benar merasa hati ini hampa (bukan hampa karena ga punya pacar loh yaa). Ya hampa. Sedih rasanya. Saya ngelakuin banyak kegiatan di luar sana, tapi itu semua ga ngerubah. Mood saya kayak beneran dalam kondisi jelek sejeleknya. Saya ngejalanin aktivitas, tapi ga ada seneng-senengnya sama sekali. Parah separah parahnya lah intinya. Ada yang bisa bantu saya menganalisis kenapa? :) . . .

Ibadah? Saya ngerasa ibadah wajib alhamdulillah tetep saya jalanin. Sunahnya? Kadang ga dijalanin sih karena satu dan lain hal (alesan banget yak). Saya coba telusur, ada apa sebenernya. Mungkin temen-temen saya yang emang sering ketemu saya mikir kalo si Adit ini ada masalah. Cuma saya coba tutupin biar temen, atau keluarga sekalipun ga mikir macem-macem. Entahlah mereka mikir macem-macem apa ga.

Setelah hampir beberapa bulan, saya masih ga dapet jawabannya. Baru akhirnya seminggu sebelum saya menulis ini saya coba mikir lagi kenapa saya begini. Ternyata jawabannya sederhana. Apa itu? Karena saya kurang mensyukuri nikmat yang Allah berikan ke saya. Saya bisa tahu karena ketika saya mengantarkan temen saya pulang, kurang lebih dia bilang gini sama saya, "Dit, gw kok kayaknya ga bersyukur yak kerja di xxx, gw ga pernah bilang kalau sebenernya gw disana kerja, padahal mah dibayar. Sampai sekarang gw belum dapet panggilan interview kerja lagi nih, pengen banget ngerasain kerja kantoran yang di gedung-gedung gitu. Astagfirullah, gw kufur nikmat banget ya? Ga bersyukur banget masih dikasih rezeki sama Allah" (kurang lebih intinya gitu dah).

Dan seketika saya ngerasa, DEEEENNGGG. Ngerasa ditampar, ngerasa banget kayak mau bunuh diri, mau nangis (cuma itu ga saya lakuin alhamdulillah di depan temen saya itu). Saya beneran ngerasa jleb banget waktu dibilang kufur nikmat, ga bersyukur. Aneh rasanya waktu temen saya ngomong gitu. Padahal kalau dipikir, doa setelah solat selalu ada ucapan syukur atas nikmat Allah, tapi waktu temen ngomong gitu ngerasa ditampar.

Usut punya usut, saya mencoba mendalami (mempelajari) maksud dari kalimat kufur nikmat, ga bersyukur ini. Padahal mah rasanya bersyukur udah. Tapi ternyata semua itu omong kosong doang. Kenapa saya bisa bilang omong kosong doang ucapan syukur saya itu? Karena setelah saya berpikir, saya hanya sekedar mengucapkan syukur alhamdulillah atas nikmat, tapi tidak pernah merinci nikmat apa yang sudah diberikan oleh Allah (di luar bernapas, dll yang memang sudah rutin loh ya), sehingga saya merasa tidak pernah serius ketika mengucap syukur itu.

Setelah saya berhasil mencoba mengidentifikasi alasannya kenapa, saya mulai mencoba merubah. Ketika berdoa, saya selalu merinci nikmat apa saja yang telah saya peroleh, khususnya pada hari itu. Setelah saya lebih berpikir lagi, ternyata hati ini terasa hampa karena saya merasa rezeki yang Allah berikan jauh dari cukup untuk saya. Luar biasa kurang ajar sekali saya terhadap Allah? Astagfirullah :( . Setelah mempelajari "kufur nikmat" tersebut, saya mencoba makin mensyukuri rezeki yang saya dapatkan. Kenapa? Yuk mikir bareng-bareng. Banyak orang di luar sana yang susah banget nyari rezeki, banyak yang ga ada pekerjaan untuk dapetin uang, bahkan banyak yang akhirnya mencuri, merampok untuk dapetin "rezeki".

Sementara banyak orang kesusahan mencari rezeki, saya malah kurang bersyukur. Masya Allah, maafkan saya Yaa Allah. Setelah saya menemukan jawaban tersebut, saya akhirnya mencoba berpikir dan mencoba makin mensyukuri nikmat yang Allah berikan ini, terutama dalam hal rezeki. Saya teringat kata seorang yang saya anggap salah satu guru spiritual saya, beliau berkata begini dalam ceramahnya, "Janganlah takut tidak mendapatkan rezeki, tapi takutlah jika kita tidak yakin Allah akan menjamin rezeki kita", kemudian beliau juga berkata begini, "Janganlah takut tidak mendapatkan rezeki, tapi takutlah jika kita mendapatkan rezeki dengan cara yang tidak dibenarkan Allah".

2 nasihat itu yang makin membuat saya merasa tertampar. Ternyata saya selama ini kurang yakin bahwa Allah sudah menjamin rezeki makhluk-Nya, termasuk saya. Akhirnya saya mencoba lebih yakin kalau Allah lah yang mengatur rezeki saya, pembaca semua juga loh tapi. Dan alhamdulillah, setelah saya meyakini 100%, dan saya melakukan doa dengan benar, apa yang saya inginkan terlihat sedikit demi sedikit, begitu juga hati ini merasa kehampaan mulai menghilang. Ternyata doa itu lebih baik jika kita menyebutkan secara rinci apa yang kita rasakan, apa yang kita inginkan. Jika kita ingin dapat pekerjaan, doa kerja dimana, gaji berapa, tujuannya apa. Kalau kita ingin dapat jodoh, doa siapa yang kita mau, kenapa milih dia. Tapi perlu diingat, semua yang kita inginkan, belum tentu semua dikabulkan oleh Allah. Kuncinya satu, YAKIN. Kalau kita yakin Allah akan mengabulkan, pasti dikabulkan, karena Allah Maha Mengabulkan Doa makhluk-Nya. Dan yang perlu diingat satu lagi yaitu Allah akan memberi yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Jangan sombong untuk berdoa, jangan pelit, jangan ngerasa mampu.

Mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk saya pribadi, dan untuk pembaca pada umumnya. Semua yang saya tulis disini berawal dari pengalamn pribadi, yang saya coba kembangkan agar tidak hanya menjadi cerita pribadi, tapi bisa berguna untuk semua. Kalau ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf karena saya hanya manusia biasa yang penuh dengan kesalahan, hehehe :) . . . .

Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar