Selasa, 18 November 2014

Mau pamer, mau sombong? Silakan :)



Assalamu'alaikum wr.wb

Halo haloo semua pembacaa, apa kabarnya nih? (Pede lah ada yang baca, hehe). Insya Allah semua dalam kondisi sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa, aamin. Dan semoga kita semua selalu senantiasa berusaha untuk ningkatin keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah,jangan sampai malah turun deh iman dan takwa kita. Kasihan sama diri kita sendiri kalau gitu.

Lama ga nulis ngebuat saya yang sedang berusaha menjadi penulis ngerasa gemes sendiri. Gregetan pengen nulis lagi. Tapi emang sayanya lagi kerepotan berapa hari ini jadi ga sempet nulis deh (sombong abis yak? haha). Tapi alhamdulillah dah saya masih dikasih kesempatan Allah untuk bisa nulis lagi, dan saya harap tulisan saya ini bisa berguna dan bermanfaat untuk saya pribadi dan untuk yang ngebaca yaa, aamin. Oia, saya nulis ini untuk kondisi di Indonesia yaa.

Bismillah . . .

Belum lama ini, orang yang saya anggap sahabat deket saya melangsungkan proses lamaran dengan calon suaminya (insya Allah) di rumahnya. Alhamdulillah saya dikasih kesempatan untuk bisa bantu jadi salah satu bagian pada proses tersebut dan saya bisa bergerak bebas pada proses tersebut, bahkan sedikit mengatur semua orang disana walaupun ga terlalu kenal dengan orang yang berada di proses tersebut. Tapii, hajar aja daaaah.

Ya, saya senang karena akhirnya sahabat saya ini melangsungkan proses lamaran dengan khidmat. Saya merasa senang karena saya sedikit mengetahui bagaimana kehidupan dia semenjak SMP, SMA. Wajarlah, karena saya satu SMP sama dia. SMA sih ga satu SMA, tapi masih tetep kontak-kontakan, baik sama dia sendiri ataupun sama temennya dia yang notabennya temen saya juga loh.

Tapi bukan itu yang pengen saya ceritain disini. Karena kalau saya cerita itu mah ga bakal ada artinya nanti untuk kita semua, hehe, maaf maaf. Jadi gini, pas proses lamaran ini kebetulan saya banyak berada di luar rumah dan sering berada dekat dengan saudara-saudaranya si cowok. Dan saya kaget bgt asli, karena apa? Karena hampir semuanya megang handphone yang bisa dibilang ga murah harganya. Tau kan apaan? Hehe.

Bukan cuma satu, dua, tiga orang, tapiii hampir semuanyaa (banyak lah). Luar biasaa. Saya beneran kaget. Wajarlah ya saya kaget, karena harganya ituloooh yang ga murah untuk saya. Dan emang itu handphone terkenal sangat mahal di zaman saya nulis tulisan ini (halaaaah). Darimana saya bisa tahu ya? Padahal saya mah gaptek parah. Tapi gaptek bukan berarti ga bisa nanya sana sini untuk dapet informasi kan. Santaaiii. Untuk orang-orang yang ngerasa gaptek, jangan pernah khawatir, karena Allah ngasih kita karunia untuk bisa dapet ilmu kok. Jangankan gaptek, orang yang mungkin bisa dibilang ga dikasih tubuh sempurna aja bisa kok dapet ilmu lebih, bahka ga jarang punya kemampuan lebih baik daripada manusia yang punya tubuh normal (ga nyambung ya sama tulisan di atas? Biar daaaah).

Saya beneran bingung mau nulisnya kayak gimana nih. Jujur, saya takut kalau di tulisan saya ini jadinya saya malah ngejudge orang ga bener. Malah jadinya ngomongin kejelekan orang. Padahal mah saya ga mau kayak begitu. Tapiii tapiii, saya ga ada maksud sama sekali untuk nulis yang kayak gitu kok. Doain saya yaa, saya ga mau kalau ternyata malah cerita yang ga bener. Doaiiiinn.

Ga lama setelah proses lamaran sahabat saya itu, saya denger ceramah salah satu ustadzah. Ustadzah ini kurang lebih ngomong, "Ngapain lah make barang-barang bermerk, kalau sebenernya fungsinya sama aja kayak yang biasa. Hati-hati karena khawatirnya malah jadi sombong". Nah, kemudian saya mikir, kayaknya orang Indonesia ini banyak yang malu untuk beli barang-barang biasa dan lebih pengen untuk beli barang bermerk. Alasannya ada beberapa, mungkin karena memang lebih baik beli barang bermerk karena sudah terkenal kualitasnya. Tapi tidak sedikit yang mengatakan dengan alasan gengsi, alasan klasik orang-orang yang mungkin lebih ingin menunjukkan kekayaan yang dimiliki.

Untuk alasan kedua inilah yang ingin saya bahas disini. Banyak sekali orang-orang yang mungkin merasa malu jika tidak menggunakan barang bermerk yang mahal harganya, padahal mah yaa kalau dipikir pikir banyak banget barang yang fungsinya sama dan mungkin jauh lebih murah dan bagusnya pun sama. Sedih rasanya kalau ngeliat yang kayak gini. Sedih rasanya kalau ternyata alasan malu lah yang menjadi penyebabnya.

Kenapa saya sedih? Alasan saya cuma satu, yaitu karena masih banyaknya orang Indonesia yang hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Terus hubungannya apa ya sama beli barang bermerk? Coba yuk kita mikir bareng-bareng. Bayangin, kita beli tas dengan harga 300 juta. 300 juta cuma untuk tas? Ngeriii. Tapi kan kita mampu? (Aaahhh). Mampu siiih, tapi coba misal kita beli tas yang ga usah lah harga segitu, tapi uangnya kita gunain untuk sedekah, itu pasti lebih asik.

Hat-hati saya katakan, yang namanya manusia itu potensi untuk berperilaku pamer, sombong, gede banget loh. Apalagi kalau yang namanya udah pakai barang-barang yang memang sudah terkenal. Mungkin potensi tersebut makin terlihat lebih jelas lagi. Indonesia nih rentang kekayaan orang-orang kaya, cukup, dan kurang sangat jauh (berdasarkan informasi yang saya punya, tapi untuk datanya saya ga punya).

Tapi ga ada salahnya kok mau pakai barang bermerk atau ga kalau emang mampu. Cuma coba dipikir lagi ketika ingin membeli. Karena itu tadi, di luar sana banyak orang yang ga mampu looh. Tapi kan itu karena kesalahannya sendiri dia ga mau kerja keras untuk dapetin uang lebih? Susah nih jelasinnya, hadeuuuh. Setiap orang itu sudah diatur masing-masing rezekinya sama Allah, dan mungkin rezeki mereka tidak sebaik orang yang mampu.

Naaah ini yang seru. Sebenernya mah Allah gampang aja kalau mau buat semua orang jadi kaya. Kan di dalem Al-Qur'an juga dibilang, kun fayakun. Kalau Allah bilang jadi, maka jadilah. Pertanyaannya, kenapa Allah ga membuat semua orang menajdi orang kaya aja? Heeeiii, kalau semua orang dibuat jadi kaya semua, ga asik laaah (bahasa gampangnya). Allah itu nyuruh kita untuk saling berbagi, tapi jangan sampai juga menjadi sombong atas apa yang kita punya (harta kekayaan).

Karena sesungguhnya, orang yang sukses itu adalah orang yang memiliki harta yang banyak, tahta yang baik, kata yang bisa didengar oleh orang banyak, dan juga cinta yang bisa dirasakan oleh banyak. Bayangkan kalau misal kita merasa ingin pamer, ingin sombong, ingin terlihat kaya, apa mungkin bisa tercapai tuh suksesnya (mikir bareng yuk). Tapi sukses aja tuh sebenernya ga cukup loooh. Kalau sukses udah didapet, tanpa membantu orang-orang bisa saya bilang pasti bakal hampa dah tuh. Kalau udah sukses, hiduplah secara mulia. Maksudnya? Yaa, kalau udah sukses coba deh hidup secara mulia. Bermanfaat untuk orang banyak. Sombong, pamer? Sukses siiih, tapi apa orang yang punya potensi kayak gini bakal bisa hidup mulia? Bisaa, cuma tenang ga ya hidupnya, hehehe.

Sebenernya masih banyak yang mau saya bahas tentang ini. Tapi mungkin di lain bahasan aja ya karena udah kebanyakan nih tulisan. So, apa masih mau untuk hidup serba mewah-mewahan dengan kondisi banyak orang di luar sana yang membutuhkan bantuan? Silakan dijawab sendiri yaaa.

Saya minta maaf ya kalau tulisan saya ini membuat pembaca jadi mikir kalau saya malah ngejudge orang ga bener. Saya ga ada niatan itu kok. Kalau mau ngasih feedback ke saya, silakan hubungin yaa. Saya cuma manusia biasa yang sedang berusaha jadi penulis, dan manusia biasa yang ga luput dari kesalahan. Karena kesempurnaan cuma milik Allah semata, hehe :) . . .

Wassalamu'alaikum wr.wb

Radityo Fajar Priambodo
081286339483 / 085710328373

0 komentar:

Posting Komentar