Sabtu, 22 November 2014

Permintaan sulit? Tambah ibadahnya




Assalamu'alaikum wr.wb

Haloooo, alhamdulillah nih saya dikasih kesempatan untuk nulis lagi sama Allah. Gimana kabar semua pembaca? (Kayak biasaa, pede aja ada yang baca, hehe). Insya Allah semua dalam keadaan sehat wal'afiat sama selalu dalam lindungan Allah SWT yaa. Ga berhenti nih penulis minta didoain biar sehat terus, biar bisa terus berkarya lewat tulisan soalnya, yaaa walaupun ga bagus bagus amat sih yaaa. Di tulisan ini saya pengen cerita tentang sesuatu yang saya alamin waktu zaman kuliah dulu. Simak terus yak.

Bismillah . . .

Saya ini adalah tipe orang yang ga bisa diem. Diem dikit, ni otak berasa menua (lebay dikit gapapa lah yak). Terus saya juga tipe orang yang ga bisa kalau ga ngomong kalau lagi kumpul sama temen, ataupun lagi kumpul sama temen-temen (mohon bisa dibedain ya temen dan temen-temen, wehehe). Karena kebiasaan saya yang kedua ini, alhamdulillah saya jadi punya banyak temen, terutama temen dari kampus yang berbeda. Jangan salah ya, bukan berarti saya ga punya temen dari kampus sendiri. Ada kok adaa.

Ceritanya saya punya temen junior (adek tingkat) yang bisa dibilang deket sama saya, baik dari cara berpikir, atau dari kesenengannya (kegiatan sosial maksudnyaaaa). Saya sering curhat, ngobrol banyak sama ini anak. Oia, ga afdol kalau saya ga ngenalin ya, dia nih perempuan, namanya Aza, dan itu bukan nama panggilan sebenernya loh. Menurut saya, adek tingkat yang paling asoy diajak ngobrol ya ini si Aza. Inget, paling asoy (paling enak), tapi bukan berarti yang lain ga asik loh ya, beneran deeh.

Ternyata waktu membuat saya mengenal orang-orang di sekitar Aza. Dan yang paling deket dengan si Aza yang saya kenal yaitu mbaknya alias kakaknya. Namanya Ina, perempuan yang kuliah di salah satu jurusan terbaik di kampus terkemuka di Jogja. Dan si Ina ini asik juga untuk diajak ngobrol, diajak curhat. Selain dari cara berpikirnya yang sangat dewasa, Ina juga seorang perempuan hebat karena prestasinya (padahal saya mah gatau apa aja, cuma tahu satu doang).

Kami bertiga suka kumpul, ketemu, ngobrol banyak hal. Seru lah. Dan kalau udah ngumpul, pasti hampir semua bagian saya yang bercerita, apapun saya ceritakan. Saya boleh mengatakan kalau Aza dan Ina merupakan seorang pendengar yang sangat baik dan saya referensikan untuk yang mau didengar ceritanya, silakan kontak saya untuk tahu nomornya  (hehe, just kidding yaaa, jangan serius-serius banget laaah).

Waktu itu saya adalah orang yang sangat labil, baik dari sisi jasmani (berat badan yang gampang naik susah turun), maupun dari sisi rohani (tingkat ibadah dan kadar keimanan yang naik turun ga jelas). Saya seperti dikasih cobaan bertubi-tubi dari Allah, yang mungkin untuk orang normal si gampang aja ngatasinnya, tapi saya waktu itu ngerasa susah. Abis solat doa, curhat, tapi tetep aja dah ga dapet jawabannya.

Sampai akhirnya saya dikasih kesempatan untuk bisa "curhat" masalah saya sama si Ina Aza ini dah. Waktu itu saya curhatnya di sebuat tempat makan yang asalnya dari Italia (pasti tahu kaan, bukan bermaksud gaya, tapi kita ngincer wifi kenceng dgn mengeluarkan uang sedikit). Saya disitu ngeluari uneg-uneg saya ke mereka berdua. Dan temen-temen harus tahu, untuk ngeluarin uneg-uneg ga perlu deh manggil Artis yang biasa ngehipnotis di TV kok, enakkan sama temen sendiri :) .

Setelah saya cerita banyak tentang kegalauan saya waktu itu, si Ina ini ngasih saran ke saya yang sangat hebat yang kurang lebihnya kayak begini nih, "Dit, kalau kamu mau doamu dikabulin sama Allah cuma kamu ngerasa permintaanmu itu agak susah, coba deh ibadahmu ditambahin, jangan cuma itu-itu doang, jangan cuma standar, tambahin, biar Allah lihat kesungguhan kamu untuk dapetin apa yang kamu mau".

Dan kalian tahu rasanya gimana abis dia ngomong begitu? Jleb banget kalau buat saya mah. Saya langsung ngerasa apa yang diomongin dia bener banget. Saya ngerasa kalau ibadah saya selama itu biasa bangeeet, ga ada bagus-bagusnya, apalagi lebihnya. Sedih campur seneng. Sedih karena merasa "Bego" dari dulu kenapa ga gitu. Seneng karena ngerasa "gw akhirnya tahu jawaban kenapa gw selama ini".

Pertanyaan dari pembaca mungkin gini, "emang apa sih yang saya bahas disitu?" (pedeeee). Mau tahu? Wehehehe, RAHASIAAA. Karena yang penting buka disitu, cuma intinya yag saya bahas itu beneran hal yang buat saya ga bisa saya dapetin saat itu.

Setelah saya dinasihatin begitu, akhirnya saya coba dah ibadah ditambahin. Untuk ibadah apa yang saya tambahin, nanti ya di tulisan selanjutnya. Yang pasti, ibadah yang ga cuma solat wajib terus dilanjut doa, udah. Tapi ini lebih dari itu. Saya yakin mah pasti pembaca juga ngerti lah ya ibadah macem apa yang ditambah.

Saya lakuin dah tuh nasihatnya kan ya. Ternyata bener aja loh, hampir semua keinginan saya yang saya pengen bisa terkabul. Kesusahan yang saya dapetin pada waktu itu, bisa beres tuh. Lancar banget malah, padahal awalnya saya mah udah pesimis banget. Ibarat pepatah, "hidup segan mati tak mau".

Dari nasihat temen saya itu, dan dari pengalaman yang saya lakuin sendiri saya bisa ngerti dan bisa narik kesimpulan kalau kita itu adalah makhluknya Allah. Tugas kita itu untuk ibadah ke Allah. Apa cukup ibadah cuma solat wajib terus dilanjut doa? Mikir deh, kalau kita orang normal pasti ga cukup. Bukan berarti yang bilang cukup ga normal loh yaa (terus apaan yak kalau gitu?).

Dan yang harus temen-temen tahu ya, kalau kita mau minta sama Allah dan mau dikabulin, bahasa kasarnya "sogok dikit laaah". Jangan mikir kalau Allah tuh pelit. Siapa bilang? Allah itu Maha Kaya. Maha Memiliki Segalanya. Apa yang kita mau mah sebenernya tinggal minta doang. Yuk mikir lagi, dulu waktu kita kecil kalau mau minta barang sama orangtua pasti ga jarang dikasih syarat kan. Naaah, ini sama aja prinsipnya kayak gitu, cuma bedanya kalau orangtua dalam bentuk nyata dan terlihat, kalau Allah itu dalam bentuk tidak terlihat.

Misal, waktu kecil kita minta mainan sama orangtua, paling syaratnya harus dapet nilai bagus dulu pas ujian, caranya ya belajar. Kalau sama Allah, kalau pengen minta sesuatu, syaratnya harus capek dulu biar liat sungguh-sungguh ga nih pengen itu, caranya yaa ibadahnya + usaha dikencengin ditambah doanya juga. Jangan cuma ibadah + usaha doang, tapi doanya ga ada. Minta aja sama Allah pengen apaan, sebutin rinci. Sekali lagi, sama Allah mah ga usah pake bahasan isyarat, bahasa kode-kodean, kalo zaman sekarang nyebutnya bahasa modus, sebutin ajaa. Allah sih tahu sebenernya, cuma biar asik ajaa.

Kalau saya bilang nih ya, dan ini murni bahasa saya, "Kalau sama Allah mah jangan pelit, jangan songong. Pengen minta lebih, tapi ibadah gitu-gitu doang, yakin tuh bakal dikabulin? Tapi inget juga, ibadah si ibadah, usaha jangan lupa, apalagi doanya. Bisa gawat kalau cuma ibadah tanpa doa, apalagi tanpa usaha. NOL". Insya Allah dah tuh kalau misal udah dilakuin semua itu, bakal bisa kecapai dah. Yakiiiin? Inget lagi deh satu, Allah Maha Mengetahui Yang Terbaik untuk makhluk-Nya loh, jadi kalau misal Allah ga ngasih apa yang kita mau, berarti itu bisa jadi bukan yang terbaik untuk kita, ataaaauuu Allah masih nyimpen untuk kita dapetin di waktu yang ga kita dapetin sekarang, bisa jadi tabungan lah insya Allah.

Baiklah saudara-saudara, untuk sekarang cuma ini yang bisa saya share. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semuanya yaa. Kalau ada yang mau komentar, kasih feedback, saya sangat berterimakasih. Karena saya juga cuma manusia biasa yang banyak banget salahnya karena ketidaksempurnaan saya. Kesempurnaan cuma milik Allah semata. Tolong yaa, makasiiiiiih :) .

Wassalamu'alaikum wr.wb

Radityo Fajar Priambodo (Adit / Radit)
081286339483 / 085710328373

0 komentar:

Posting Komentar