Selasa, 09 Desember 2014

Solat tuh dinikmatin, jangan diburu-buruin



Assalamu'alaikum wr.wb

Halohaa, apa kabar nih semua pembaca? Wehehehe (tetep pede ajaa ada yang ngebaca), insya Allah semua dalam keadaan sehat wal'afiat yaa dan ga kurang satu apapun. Maaf kalau saya baru bisa nulis lagi nih, karena beberapa hari ini fokus untuk baca buku yg keren banget buat dibaca, jadi fokus untuk baca itu dulu deh karena takut ga konsen nulis. Minta doa juga biar saya sehat terus biar bisa nulis yang mudah-mudahan juga ada manfaat untuk saya pribadi sama semua pembaca :) . Dan saya bisa bilang kalau tulisan saya sekarang ini disebut single kedua saya setelah Cintai Manusia Karena Allah.

Bismillah . . .

Kita semua tahu (yg agama Islam khususnya) kalau solat itu kan ibadah wajib, apalagi solat wajib (5 waktu). Kalau saya boleh ngasih kepanjangan dari Islam mungkin itu huruf depan dari solat yang kita lakuin. I untuk isya, S untuk subuh, L untuk lohor (zuhur maksudnya, agak maksa dikit lah), A untuk asar, M untuk maghrib. Gimana gimana, setuju ga? Hehe, itu mah buatan saya sendiriii.

Dan Allah udah ngomong kalau solat itu ibadah yg dihitung pertama kali waktu kita dibangkitin dari alam kubur. Terus solat itu bisa ngasih liat perilaku seseorang (saya lupa nih ada dimana kalimatnya, ehehehe). Dari 2 itu aja kan udah nandain kalau misal solat itu ibadah yg bener-bener harus dilakuin, ikhlas, tanpa keterpaksaan. Ya ga sih?

Naaah menarik nih sebenernya kalau ngomongin solat. Dan mungkin tulisan tentang solat yg saya buat ga cukup satu tulisan doang. Saya bisa dan berani nulis tentang solat ini karena saya pernah jadi orang yg mungkin sangat buruk di masa lalu seputar solat. Saya minta doa temen-temen semua ya biar saya ga kembali lagi ke masa lalu saya yg pernah kelam itu.

Saya mau nulis tentang solat karena belum lama ini saya ngeliat ada orang yang solat dengan begitu dahsyatnya menurut saya. Sebenernya bukan sekali atau dua kali, tapi berkali kali. Kenapa saya bisa bilang dahsyat? Coba bayangin, waktu saya solat zuhur rakaat ketiga, kemudian ada orang dateng untuk baru solat di sebelah saya, dengan kecepatan kilatnya orang itu bisa selesai lebih cepat dari saya. Padahal mah saya kalau baca juga ga pelan-pelan banget.

Tapi bukan itu yang saya permasalahin disini, karena saya juga ga ngerti bacaan surat apa yang orang itu baca sampai akhirnya dia bisa cepet banget solatnya. Tapi adalah ketika orang itu melakukan gerakan-gerakan seperti rukuk, iktidal, sujud, duduk diantara dua sujud, berdiri lagi, itu semua dilakukan dengan begitu cepatnya seperti hampir tidak ada jeda untuk berhenti sesaat membaca doa yang seharusnya dibaca.

Misalnya, ketika rukuk dan bahkan belum sampai membaca doa rukuk yang mungkin kalau kita santai bacanya bisa lebih dari lima detik sendiri, bahkan orang itu tiga detikpun rasanya tidak sampai. Benar-benar cepatlah pokoknya. Dan bukan hanya di rukuk saja, tapi di semua gerakan yang seharusnya bisa dilakukan dalam jeda waktu yang agak lama tapi semua bisa dilahap dalam waktu singkat. Luar biasa sekali bukan? Kecuali ketika duduk Tahiyat (tulisannya gimana sih? hehe).

Saya kemudian berpikir setelah saya solat, ada urusan apa yang membuat orang tersebut sampai bisa solat dengan kecepatan kilat seperti itu. Dan apakah orang itu menikmati solatnya dan semua gerakan yang dilakukan dalam solat. Itu dua pertanyaan mendasar saya. Ingin rasanya saya langsung bertanya, tapi saya takut salah cara penyampaian pertanyaan dan khawatir malah membuat orang tersebut tersinggung, akhirnya saya urungkan untuk bertanya.

Padahal kalau menurut saya (dan mungkin ini menurut banyak orang dan pembaca juga loh ya), solat itu harusnya dinikmati, tidak perlu terburu-buru. Kenapa saya bisa bilang gitu? Karena solat itu merupakan waktu yang paling indah untuk merasakan betapa dekatnya Allah dengan kita. Waktunya kita bersantai sejenak, mengolahragakan seluruh anggota tubuh kita. Menurut penelitian dimana saya lupa (pokoknya dokter dah yang bilang), gerakan-gerakan solat itu adalah gerakan yang sangat menyehatkan. TAPIIII, kalau dinikmati dan ora kesusu bahasa jawanya, kalau bahasa Indonesianya jangan buru-buru.

Dan seharusnya saat kita memutuskan untuk melakukan solat, lupakan sejenak segala urusan yang ada di luar, biarkan otak dan hati kita terfokus hanya kepada Allah. Ga lama kok itu juga, palingan juga setengah jam udah lama banget, itu kalau zikirnya, doanya panjang tapiii, kalau bisa aja amah paling juga ga nyampe segitu. Sayang loh, dari 24 jam dalam sehari, kita cuma ngeluangin palingan 2,5 jam (untuk 5 kali solat wajib + zikir + doa + solat sunah kalau ada) masa susah banget.

"Tapi kan kerjaan banyak di luar, kita harus gimana dong?". Pertanyaan itu yang kadang jadi alasan untuk banyak orang solatnya buru-buru, ga dinikmatin. Padahal mah malu harusnya kalau ada pertanyaan yang kayak gitu beneran sampai terucap. Kenapa? Karena kerjaan yang ngasih Allah, masa iya udah dikasih kerjaan tapi abis itu kita jadi terlena sama apa yang udah dikasih. Tapi sama yang ngasih jarang ngeluangin waktu untuk curhat.

Ga sedikit orang yang ngejadiin solat itu beban, penghalang, karena kerjaan yang sebenernya banyak tapi jadi keganggu karena solat. Masya Allah kan? Hehe. Aneh yak? Tapi itu bener loh, karena malah ada yang ngerasa kayak gitu. Harusnya mah ga gitu. Harusnya mah, jadiin solat itu ajang silaturahmi kita ke Allah. Kerjaan itu cuma sambilan tapi harus serius karena ibadah juga, yang utama mah tetep jangan dinomorduain. Banyak juga yang mikir kalau solat itu cuma selingan, sekedar menggugurkan kewajiban. Yakaliii daaaaah begituuuu, mikiiiiir :) .

Songong banget kalau kita berani nomorduain solat. Songong banget kita rasanya kalau solat kita diburu-buru, kayak dikejar hewan buas. Songong banget kita rasanya kalau abis solat ga doa, ga solat sunah, ga ada basa basinya sama Allah. "Kan udah caca cici sama Allah waktu solat?" . Hiiiih, iya kalau kita paham artinya dari bacaan mah enak, lah kalau ga paham gimana? Doa itu waktunya kita untuk caca cici sama Allah, tumpahin dah semua curhatan kita, minta dah sebanyak-banyaknya. Jangan malahan solat buru-buru, doa kagak, solat sunah rowatib ya kagak, laaah mau jadi apaan orang yang beneran keliatan songong kite (ala betawi ceritanya).

Allah mah ga minta apa-apa dari kita. Tapi harusnya kita sadar. Sadar kalau apa yang udah kita punya sekarang ini itu dikasih sama Allah. "Tapi saya ga punya pacar, ga punya duit, ga punya kerjaan, saya dikasih apaan sama Allah kalau gitu namanya?" . Heeeehhh, kalau ga punya pacar mah harusnya bersyukur (penjelasan tentang pacar insya Allah saya bahas di tulisan kapan-kapan). Kalau ga punya duit, ga punya kerjaan, itumah namanya lagi diuji sama Allah, sabar apa ga kitanya.

Bayangin nih bayangin, kita bisa punya anggota tubuh lengkap aja harusnya bersyukur udah. Banyak orang di luar sana ga punya anggota tubuh lengkap. Mau bukti? Cari sendiri daaaah. Cara bersyukur banyak. Salah satunya itu kalau solat dinikmatin, ga usah buru-buru, santai, ada tumakninahnya (pada tau kan ya tumakninah? Itulooooh yang ada jeda di tiap gerakan solat). Laah, kalau ga begitu mah ngapain kita solat. Mending olahraga. Eh eh eh, tapi saya bukan ngajarin untuk mending olahraga dibanding solat loh yak, pukul nih pukul :p .

"Tapi saya susah banget mas untuk khusyuk mas, kenapa ya?" . Bukan susah, ga ada yg susah kok kalau Allah udah bilang gampang. "Caranya mas?" . Naaah inii niih, ini yang saya belum berani untuk jawab. Tapi gini, saya pernah baca buku guru saya, kalau sebelum solat itu kan biasanya kita pasti niat solat tapi dalam hati tuh, naah, abis niat gitu minta doa sekalian biar bisa khusyuk, biar ibadah diterima Allah, insya Allah dibantu dah sama Allah. "Emang boleh apa kayak gitu?" . Yaa namanya usaha mah boleh, usaha untuk sesuatu yang baik mah boleh, insya Allah juga ga ngelanggar aturan agama kok.

Terakhir nih terakhir, coba kita pikirin banyak orang di luar sana yang keadaanya aja jauh lebih susah dari kita tapi masih mau solat dengan nikmat kok (maksudnya ga buru-buru, santai, ada tumakninah). Contohnya, coba kita inget orang-orang di Gaza, Palestina, bisa dibilang keadaan disana sangat mencekam, gawat level dewa. Tapi mereka tetep aja ketika waktunya solat, ya solat. Dinikmatin, ga keburu-buru karena mikir pasukan Zionis Israel udah nunggu dimana-mana. Karena apa? Saya berani bilang, karena mereka punya rasa kedekatan sama Allah yg amat sangat dekat. "Tapi kan itu mereka wajar begitu karena biar Allah nolong mereka?" . Hih, wajar gimana, orang pasukan Zionis udah ngintai kok malah nyantai solatnya, mestinya kan buru-buru, bener ga?

Jadi, jangan pernah ngerasa kalau solat itu cuma sekedar menggugurkan kewajiba, solat itu penghalang kita, jangan. Tapi berubah cara mikirnya, kalau solat itu ajang kita bisa mencurahkan semua keluh kesah kita ke Allah setelah kerjaan yg begitu padetnya, hampir stres, dan lain-lain yang saya yakin banyak banget. Kalau kita beneran udah bisa ngerubah cara pandang berpikirnya jadi gitu, pasti solat akan kerasa nikmat dah, ga perlu buru-buru. Takut dimarahin atasan? Hihi, jangan takut dimarahin atasan untuk hal ini, takut kalau Allah yang marah harusnya.

Saya pengen banget ngebentuk satu generasi, generasi yang bener-bener bisa ngerasain nikmatnya solat. "Caranya?" Nanti kita bahas ke depan yaa. Digantungin nih yeee, hehe. Saya mohon maaf ya kalau tulisan ini ada yang salah dalam penulisan, ada yang kurang dalam penjelasan, ada yang ga suka sama gaya penulisannya. Makluuum, saya juga masih belajar dan butuh byk masukan kalau ada yang berminat ngasih saya masukan.

Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar