Senin, 01 Desember 2014

Takut sama manusia? Sama Allah aja :)



Assalamu'alaikum wr.wb

Apa kabar nih semua pembaca? Insya Allah selalu dalam keadaan sehat wal'afiat yaa, sama selalu dalam lindungan Allah SWT, aamin. Udah lumayan lama ya ini saya ga nulis, hehe, makluuum abis jadi orang yang sok sibuk kayak ga ada waktu, padahal mah engga. Minta doa semua pembaca yaa biar saya selalu sehat terus bisa nulis terus deh. Sama biar saya ga males untuk nulis, karena bahaya kalau saya ga nulis, bisa tua nih otak.

Bismillah . . .

Jadi saya mau cerita kejadian yang menurut saya dahsyat banget. Kejadian yang belum lama terjadi. Untuk acaranya apa, saya minta maaf ga bisa ngasitau ke temen-temen semua yaa karena satu dan lain hal. Acara ini menurut saya adalah acara yang sangat penting. Yang membuat saya bisa ngomong dahsyat itu karena acara ini diadakan pada pukul 18.00 WIB, demi mengikuti jadwal orang terhormat dan penting di Indonesia ini.

Mungkin kalau temen-temen tanya, emang dahsyatnya kenapa? Apa karena dihadiri oleh orang terhormat dan penting di Indonesia? Atau karena apa? Bukan. Bukan itu jawabannya. Saya bisa bilang acara ini dahsyat karena acara yang cukup penting ini diadakan pada pukul 18.00 WIB. Dan itu artinya apa? Tepat diadakan pada saat waktu solat Maghrib. Kenapa saya berani bilang dahsyat lagi itu adalah karena saya bersama teman-teman lah yang menjadi panitia.

Pada awalnya acara ini akan diadakan pada pukul 18.20 WIB, tapi karena beberapa alasan tadi akhirnya dimajukan. Dan hal terebut membuat saya kesal, karena itu berarti saya dan teman-teman panitia tidak akan bisa melaksanakan solat Maghrib. Sepele? Iya mungkin, tapi buat saya yang seorang muslim yang mulai belajar untuk takut terhadap Allah SWT menganggap hal tersebut bukanlah hal sepele.

Dan alhamdulillah Allah menjawab semua rasa kekesalan saya. Karena ternyata tamu yang membuat saya dan teman-teman sedikit bingung datang terlambat 10 menit. Dan hal tersebut langsung saya manfaatkan untuk menjauh dari teman-teman tanpa harus izin untuk melaksanakan solat terlebih dahulu. Dan saya semakin lega karena ketika selesai solat, tamu yang ditunggu belum juga datang. Tapi sejujurnya saya tidak tahu apakah teman-teman saya yang lain sudah solat atau belum.

Akhirnya setelah ditunggu, datang juga tamu ini. Kemudian acara akhirnya dimulai dan semua berjalan seru. Acara yang dimulai pada pukul 18.20 WIB ini berjalan lancar dan selesai kurang lebih pukul 21.20 WIB. Saya tidak akan menceritakan jalannya acara karena mungkin akan sangat panjang kalau saya cerita itu, hehe.

Saya benar-benar kesal, tapi semua itu saya pendam saja. Pertama, karena solat maghrib yang saya hampir ga bisa lakuin. Kedua, karena saya telat untuk melaksanakan solat Isya dan baru bisa melakukan solat Isya setelah acara selesai. Ketiga, karena saya melakukan suatu hal yang menurut saya sangat bodoh karena saya sudah tahu hal itu merupakan dosa, walaupun kelihatan biasa. Apa tuh? Wehehehee, maaf yaaaaa :) .

Setelah acara selesai, evaluasi dilakukan. Setelah evaluasi, kami langsung buru-buru kembali ke ruangan masing-masing untuk istirahat. Bagaimana tidak buru-buru, kami selama 2 hari hanya tidur paling lama tiga jam untuk mempersiapkan acara ini. Saya pergi ke ruangan yang agak berbeda dengan teman-teman yang lain, karena keterbatasan ruang kamar, saya pun akhirnya memilih tidur di ruang rapat karena sepi dan lega, hahahay.

Saat saya sedang ingin tidur, salah seorang teman nanya kepada saya apakah saya solat Maghrib atau tidak. Karena saya solat, jadi ya saya katakan kalau saya solat. Dan saya kaget ketika dia bilang kalau dia skip solat Maghribnya. Subhanallah bukan? Sedih rasanya. Esok harinya saya cerita ke salah seorang sahabat perempuan saya, kalau saya sedih karena saya berpikir banyak dari teman-teman yang tidak solat Maghrib. Dia ngomong, "mungkin hampir semua skip kali solat Maghribnya" .

Percaya tidak percaya, saya tanya kepada teman saya yang lain apakah dia solat Maghrib atau tidak, dan ternyata benar saja kalau dia juga tidak solat. Yaa Allah, betapa sedihnya saya. Karena sebenarnya orang yang saya tanya ini adalah orang yang selalu solat bareng dengan saya, dan ternyata mereka juga tidak melaksanakan solat. Saya merasa IDIOT ketika saya tidak bisa mengajak teman-teman saya untuk solat Maghrib.

Saya sedih, kecewa, merasa idiot. Lengkap sudah semua yang buruk-buruk seperti ada pada saya. Saya sedih karena ternyata masih banyak orang yang lupa akan kewajibannya untuk solat. Saya kecewa karena ternyata masih banyak orang yang seperti lebih takut kepada manusia dibandingkan kepada Sang Pencipta, Allah. Tapi saya juga merasa idiot karena ternyata saya juga belum bisa mengajak teman-teman untuk lebih mencintai Allah.

Dan mungkin hal ini bukan hanya terjadi di dekat saya saja. Yang saya ceritakan disini adalah yang benar-benar terjadi di depan mata saya sendiri. Banyak yang sepertinya lebih takut kepada sesama manusia, dan lupa kalau ada Allah Sang Maha Segalanya. Pertanyaannya mungkin gini, "tapi kan cuma sekali doang ga solatnya, masa ga boleh? Atau ga, masa ga boleh dijamak sih solatnya? Kan lagi ada acara, Allah juga pasti ngerti kok" .

OMG helloooooo (ala ala artis di sinetron salah satu stasiun televisi). Heh, Allah kita suruh ngerti sama kita, ga kebalik tuh? Masya Allaaaaaah. Jangan cuma karena Allah Maha Pengertian, tapi kita jadi ngegampangin juga loh. Bahaya bener dah nih kalau ada yang beneran mikir begitu. Emang banyak sih sekarang yang mikir gitu pasti, tapi coba deh diubah cara mikirnya. Kita yang harus ngertiin Allah, bukan malah sebaliknya. Songong amat yak kita, hehe.

Coba dipikir lagi, kalau misal kita dipanggil Allah (meninggal) waktu kita belum solat gimana? Ngeri loh. Ibarat, kita punya hutang tapi belum lunas. Bener ga yak? (maaf yak kalau salah). Jangan pernah mikir kalau umur kita tuh panjang. Kalau untuk ibadah, mikirnya umur kita tuh udah deket, biar kita semangat ibadahnya. Seriusan dah, dicoba dicoba. Kita mungkin ngerasa kita udah maju, udah sukses dengan cara seperti itu, tapi coba kita lebih deket sama Allah dan lebih takut sama Allah, pasti lebih sukses lagi.

Saya nulis ini bukan karena saya ingin pamer loh ya karena saya solat Maghrib sementara banyak temen-temen saya ga solat. Saya cuma pengen ngajak semua yang baca ini untuk sama-sama merenung, apa kita sama kayak segelintir orang yang lebih takut sama manusia dibanding sama Allah? Saya ga ada maksud untuk ngejudge orang lain ya, cuma saya takut kalau ternyata tulisan saya ini terlihat kayak pamer, kayak ngejudge, saya minta maaf. Saya butuh feedback dari semua pembaca untuk saya bisa berkembang juga. 

Kalau ada ucapan, gaya penulisan saya yang salah dan kurang berkenan untuk dibaca, saya minta maaf yaa. Saya cuma manusia biasa yang penuh dengan kekurangan, kesalahan, dan ketidaksempurnaan, karena yang benar dan sempurna cuma milik Allah. Mohon bantuan untuk ngasih saya saran ya yang berkenan. Makluuum, masih amatir, hehe.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Radityo Fajar Priambodo
@radityofp
081286339483

0 komentar:

Posting Komentar