Selasa, 03 Mei 2016

Setahun Berlalu Siap Menginspirasi


4 Mei 2016 merupakan satu tahun saya diberi kesempatan oleh Allah tergabung untuk memajukan energi di Indonesia bersama dengan Kementrian ESDM. Ya, tepat satu tahun yang lalu saya bertemu dengan kurang lebih 700an orang untuk sama-sama mengikuti pengarahan dari Pak Menteri mengenai kehidupan di ESDM.

Banyak sekali suka duka selama saya berada di kementrian ini. Tapi saya tidak ingin bercerita mengenai hal itu, karena kehidupan tidak akan berkembang jika kita selamanya mendapatkan asiknya. Ibarat kata roda, kadang di atas, kadang di bawah.

Dulu, orang-orang yang bekerja di kementrian dinamakan sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil, namun kali ini sudah berbeda sebutan menjadi ASN atau Aparatur Sipil Negara. Menjadi seorang ASN, mungkin banyak sekali omongan-omongan negatif mengenai ASN, ya kerjanya malas lah, ya hobinya buang-buang uang lah.

Sejujurnya saya kaget ketika saya bergabung, ternyata memang ada orang-orang yang seperti itu, tapi hanya segelintir orang. Kebanyakan jauh lebih baik, benar-benar berusaha untuk membantu pemerintah. Terutama di tempat saya bekerja yang memang benar-benar membantu pemerintah untuk meningkatkan laju produksi migas, dan energi alternative lainnya sangat banyak.

Berbagai kendala pastinya didapatkan oleh saya dan juga orang-orang yang bekerja di dalamnya, tapi selalu ada solusi yang dihasilkan dari kendala tersebut.

Dulu saya berpikir orang yang bekerja sebagai karyawan pasti teman-temannya hanya itu-itu saja, bahkan sampai sekarang saya masih berpikir seperti itu. Pemikiran saya tersebut ternyata tidak salah, dan tidak sepenuhnya benar. Banyak juga orang-orang yang temannya tidak hanya berkisar di lingkungan kerjanya itu saja.

Tapi bagi saya pribadi, saya merasa takut dan khawatir jika saya hanya terfokus bekerja di kantor sebagai karyawan, maka dari itu saya berusaha untuk melakukan kegiatan di luar jam kerja yang sekiranya kehadiran saya dapat dirasakan oleh orang lain secara luas.

Menulis menjadi salah satu kegiatan yang saya lakukan di luar jam kerja. Karena dengan menulis, kita dapat dikenal oleh orang lain. Sesuai dengan quote dari guru saya, “jika kamu ingin mengenal dunia maka menulislah, tapi jika kamu ingin dikenal dunia maka menulislah”. Karena saya menyadari keahlian saya bukanlah di menulis ilmiah, maka saat ini saya berusaha untuk membuat tulisan modern/blog, dan saya berharap tulisan yang saya buat dapat menginspirasi.

Sangat disayangkan ketika kita memiliki kemampuan lain di luar bidang pekerjaan kita tapi tidak kita maksimalkan. Maka dari itu saya mengajak sahabat pembaca semua untuk sama-sama kita mencoba mengembangkan potensi yang  kita miliki agar kita bisa makin berkembang, terutama dalam bidang sosial dan bernilai manfaat untuk orang lain.


Siap?? . . .

0 komentar:

Posting Komentar