Senin, 03 April 2017

Asiknya Bermanfaat Bagi Oranglain

Berbagi pengalaman itu memang hal yang sangat menyenangkan. Apalagi berbagi sesuatu yang pernah kita lakukan dan itu baik bagi diri kita, dan sudah kita rasakan sendiri manfaatnya.

Berbagi pengalaman juga membuat hati ini gembira. Karena ilmu yang kita punya, pengalaman yang kita rasakan, akan juga dirasakan oleh oranglain. Bukan hanya bagi diri sendiri.

Saya selalu teringat akan kalimat, "sesungguhnya sebaik-baik manusia ialah mereka yang bermanfaat bagi sesama manusia yang lainnya". Karena sudah paham tentang hal itu, maka tidak ada alasan buat saya pribadi untuk tidak bermanfaat untuk banyak orang.

Cara kita untuk bisa bermanfaat bagi oranglain salah satunya ya lewat berbagi pengalaman ini. Sahabat seperti apa??

"Mas, aku ga ada pengalaman baik yang harus aku share nih. Jadi gimana dong biar bisa manfaat buat oranglain??"

Banyak. Bermanfaat bagi oranglain bukan cuma berbagi pengalaman kok. Bisa juga lewat jalur lain yang memang kita ahli. Betul tidak??

Saya punya teman senang menulis, maka menulis menjadi jalan kebermanfaatan baginya. Saya juga punya teman senang bercocok tanam, maka bercocok tanam dan mengajak sekaligus mengajarkan cara bercocok tanam menjadi jalannya.

"Mas, aku kerja kantoran nih, jadi bingung caranya gimana biar bisa bermanfaat"

Gampang. Maksimalkan saja potensi yang kita punya di kantor. Kalau memang tidak bisa maksimal di kantor bagaimana?? Gampang. Setiap azan berkumandang, jangan tinggalkan solat di masjid, ajak dan ingatkan teman-teman kantor untuk selalu solat di masjid. Urusan bergerak atau tidak mereka, bukan urusan kita, hoho.

Percaya atau tidak, ketika diri kita sudah benar-benar berpedoman kalau sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat buat oranglain, maka segala cara agar bisa bermanfaat akan dilakukan.

Pahala insya Allah mengalir. Ketenangan hati insya Allah didapat. Rezeki insya Allah tidak akan terputus. Asal, niatkan segala sesuatu untuk berbagi sebelum memulainya.

Jadi, masih berpikir untuk hidup tidak bermanfaat bagi oranglain?? Sayang loh . . .

0 komentar:

Posting Komentar