Kamis, 21 April 2016

Bermanfaat Bagi Oranglain


Menginspirasi orang banyak memang dibutuhkan usaha yang keras. Tidak bisa hanya dilakukan dengan usaha yang biasa saja. Tidak bisa dilakukan dengan hal yang selalu kita ulang secara terus menerus. Bahayanya jika hal yang dilakukan secara terus menerus tersebut sama sekali tidak membawa kita menuju jalan untuk membuat orang lain menjadi terinspirasi.

Setidaknya itulah yang selama ini saya pelajari selama saya hidup. Sudah hampir 2 tahun yang lalu saya lulus dari dunia pendidikan kuliah S-1 di Jogja. Dimana saya begitu banyak belajar mengenai pentingnya arti kehidupan bagi sesama. Dimana saya diajarkan ilmu kehidupan yang sangat luar biasa, karena jauh dari orangtua sehingga harus hidup secara mandiri.

Pelajaran lebih berharga benar-benar saya dapatkan selama menjalani kehidupan setelah kuliah. Setelah memutuskan untuk tidak melanjutkan mencari pekerjaan kantoran dalam waktu sementara karena ingin lebih mendalami ilmu kehidupan. Alhamdulilah saya dipertemukan dengan orang yang sungguh luar biasa. Awalnya saya tidak mengenal, namun saat ini saya cukup mengenalnya, dan semua itu berkat izin dari Allah SWT.

Saya belajar banyak bahwa hidup ini begitu singkat. Hidup ini tidak akan bernilai manfaaat jika yang kita lakukan tidak dilakukan untuk kebermanfaatan bagi banyak orang. Sungguh sia-sia orang yang hidup seperti ini. Namun pertanyaannya, apakah pekerjaan, kegiatan yang kita lakukan setiap hari ini sudah termasuk ke dalam hal yang penuh dengan nilai manfaat?

Saya pun sungguh takut ketika apa yang saya lakukan setiap harinya tidak bermakna. Tidak bermanfaat. Jangankan bermanfaat untuk oranglain, bagi diri sendiri saja sudah sulit apalagi untuk oranglain. Terkadang pemikiran itulah yang menghinggapi pikiran saya. Lemas rasanya kalau sudah seperti itu.

Tapi sungguh, tidak akan pernah maju dan benar-benar menjadi lebih baik ketika kita diam dan tidak bergerak. Begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan hal tersebut. Bohong jika kita tidak dapat melakukan satu hal yang dapat berguna bagi oranglain dalam keidupan ini sekalipun kita bekerja sebagai pegawai kantoran yang biasanya melakukan rutinitas pergi pagi pulang petang bahkan malam.

Saya begitu banyak belajar dari guru kehidupan saya. Masih muda, melakukan banyak hal yang bernilai manfaat bagi oranglain walaupun berstatus sebagai pegawai institusi. Alasan apa yang ingin kita berikan kepada diri kita sendiri karena kita belum bisa bermanfaat bagi banyak oranglain? Hehe.

Sahabat, saya belajar, saya berguru. Sahabat pun begitu, sahabat belajar, sahabat berguru juga. Saya mohon bimbingan agar saya senantiasa dapat bermanfaat bagi sahabat semua. Saya tidak ingin hidup ini hanya sebagai kehidupan yang sia-sia.

Sejatinya manusia terbaik adalah manusia yang dapat memberikan manfaat kepada banyak orang

Hati ini akan semakin bahagia ketika kita sudah merasa bermanfaat bagi banyak orang

0 komentar:

Posting Komentar