Kamis, 21 April 2016

Jadilah manusia Pembelajar


Berusaha sesuatu yang baru tidaklah mudah, tapi tidaklah sulit. Setidaknya itulah yang saya rasakan dalam beberapa tahun ini. Ketika tidak nyaman dengan kondisi semasa kuliah dulu, saya mencoba berbaur dengan beberapa sahabat untuk beraktivitas sosial yang mungkin di kampus saya sendiri belum banyak dilakukan oleh teman-teman semasa kuliah dulu.

Ketika lulus, saya mencoba untuk berusaha menjadi seorang public speaker yang ternyata saya senang melakukannya. Namun saya harus terus belajar sampai nanti pada waktunya saya akan menjadi seorang yang expert di bidang tersebut. Sulit memang, namun saya terus berusaha untuk belajar dengan guru terbaik yang saya temui.

Ketika senang menjadi seorang public speaker, ternyata saya dituntut untuk menulis. Menulis apapun yang bisa menginspirasi banyak orang. Sejujurnya itu sulit bagi saya karena saya bukanlah ahli dalam bidang ini dan sangat jarang melakukannya kecuali ketika sekolah dasar yang mana ditugaskan untuk mengarang pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Ketika menulis sudah menjadi salah satu kesenangan yang saya ikhlas untuk melakukannya, kemudian ditantang kembali untuk melakukan hal yang berbeda. Kali ini saya sedang berusaha untuk membuat suatu aktivitas menulis juga, namun yang berbeda kali ini adalah menulis naskah/script tulisan yang mana nantinya akan dilanjutkan untuk dibuat dalam film pendek ataupun sejenisnya. Sulit sekali rasanya, namun saya yakin bahwa saya dapat melakukannya.

Semua aktivitas yang saya lakukan itu bukanlah hal yang saya tekuni sedari kecil, sehingga butuh usaha keras untuk dapat melakukan, menyelesaikan, dan terus belajar sehingga diri ini terus bertumbuh dan berkembang untuk memberikan manfaat positif bagi sesama.

Ketika melihat guru kehidupan saya yang saya terus belajar darinya. Yang pada awalnya tidak memiliki keahlian berbicara, namun sekarang menjadi salah satu pembicara yang cukup dikenal di Indonesia. Kemudian yang tadinya tidak bisa menulis, yang mana ketika menulis biasanya dimulai dengan kalimat “pada suatu hari”, kali ini sudah dapat menghasilkan beberapa buku dan bermanfaat bagi banyak orang. Dan masih banyak yang lainnya.

Saya percaya sekali bahwa tidak ada yang sulit di dunia ini. Yang ada hanyalah kita yang kurang berusaha keras untuk mencapainya. Padahal Allah sudah memberikan segalanya di dunia ini untuk dipelajari demi kemudahan dan kesuksesan hidup kita.

Ketika kita menyerah dalam menggapainya, mari kita tanyakan pada diri ini apakah usaha yang kita lakukan sudah maksimal. Jika jawabannya belum, berarti kita wajib untuk lebih berusaha lagi. Ketika jawabannya sudah, berarti kita wajib untuk bertanya pada diri ini apakah diri kita sudah mendekat pada-Nya . . .

Mohon doa agar apa yang saya lakukan senantiasa dapat bermanfaat untuk banyak orang walaupun belumlah luas. Minimal selalu berusaha untuk belajar dan memberi yang terbaik.

Sesungguhnya menjadi manusia yang selalu dan selalu belajar merupakan satu kewajiban. Bahkan konon katanya ada pepatah yang mengatakan, “Belajarlah kalian dari keluar rahim sampai liang lahat” . Yang itu berarti kita diwajibkan untuk belajar sejak lahir sampai meninggal dunia.

Semoga saya dan sahabat pembaca senantiasa menjadi pribadi pembelajar . . .

0 komentar:

Posting Komentar