Rabu, 16 Desember 2015

Semangat Baru



Siang ini saya mendapat ilmu yang sangat luar biasa membuat diri saya sadar. Ilmu ini ternyata saya tidak menyadari dari pertama kali saya melakukannya. Ilmu ini saya peroleh ketika salah satu guru kehidupan saya, yaitu Mas Arry Rahmawan mengirimkan pesan kepada saya dan sahabat saya yang lain mengenai membuat target hidup lebih efektif.
Pelajaran tersebut juga dapat sahabat lihat di http://gg.gg/target-efektif/ . Namun saya sedih karena saya tidak dapat menyaksikannya, dikarenakan kendala teknis yang terjadi pada laptop yang saya gunakan ini. Lalu pelajaran apa yang saya dapatkan pada siang ini jika saya tidak bisa menyaksikannya? Yes, karena begitu banyak tulisan di web pribadi Mas Arry, kemudian saya mulai mencari artikel yang menarik minat saya untuk membacanya.
Dan saya terfokus pada satu artikel yang dapat dilihat di arryrahmawan.net/cara-sederhana-menjadi-penulis-hebat/ . Saya sungguh tertarik karena saat ini saya benar-benar serius untuk mulai untuk menulis di salah satu web blog saya dan juga web saya dan istri (keluarga) yang belum banyak diketahui oleh orang banyak.
Ketika saya tanyakan kepada sahabat semua, sesungguhnya hal apakah yang harus kita lakukan untuk menjadi penulis hebat? Mungkin dari kita semua setuju dengan Mas Arry yang dikutip juga dari salah satu tokoh, banyak membaca serta banyak menulis. Saya pun sepakat dengan hal ini.
Tapi bukan itu yang ingin saya bahas disini, melainkan hal yang saya tidak sadari selama ini. Saya termasuk pendatang baru yang mulai menyenangi dunia kepenulisan. Saya baru mulai rutin menulis hampir satu tahun terakhir ini. Namun masalah yang saya hadapi adalah semangat saya. Tidak jarang rasa malas melanda, dan jika sudah begitu terkadang saya menulis hanya karena saya ingin sekedar orang melihat bahwa saya bisa menulis.
TERNYATA SAYA SALAH
Betapa terkejutnya saya ketika saya membaca bagian awal dari tulisan tersebut. Yang intinya menjelaskan bahwa menjadi seorang penulis atau blogger merupakan sebuah profesi yang “kece” sehingga pundi-pundi rupiah bisa didapat dari menulis ini. Dan hal ini menjadikan kebanyakan dari kita fokus untuk mencari uang (harta) melalui profesi ini dan lupa akan nilai berbagi.
Saya merasa tertampar untuk kesekian kalinya dalam tahun ini karena kalimat yang intinya menjelaskan hal itu. Saya merasa selama ini saya menulis ternyata jarang melakukannya sepenuh hati, sehingga saya merasa tulisan yang saya hasilkan kurang maksimal. Walaupun ada yang mengatakan bahwa saya sudah berkembang dalam hal menulis, tapi tetap saya kurang mendapat “feel” dalam menulis.
Saya akhirnya mendapat jawaban atas pertanyaan dan kegelisahan yang saya rasakan selama ini. Saya hanya ingin terlihat bisa untuk menulis. Sejujurnya dahulu saya ingin menulis karena ingin membuang kebosanan dan mencari jalan lain untuk bisa bersedekah yang syukur-syukur bisa berpenghasilan selain melalui jalur pegawai.
Namun kini saya mengetahui bahwa sejatinya tulisan yang bermakna, yang bisa mempengaruhi orang lain adalah tulisan yang benar-benar ditulis sepenuh hati. Jika tidak melakukannya sepenuh hati,semangat akan sangat rentan untuk turun. Naik pun hanya sesaat, selebihnya turun.
“Jika kita menulis sepenuh hati dan dengan tujuan untuk berbagi manfaat dan karya kepada orang lain, maka materi yang dihasilkan akan sangat luar biasa secara tidak terduga”
Dan saat ini saya akan selalu berusaha untuk benar-benar meluruskan niat dan hati ini untuk dapat memulai jalan ini sepenuh hati. Saya tidak ingin tulisan yang saya hasilkan bukanlah tulisan yang setengah-setengah, tapi tulus untuk berbagi dan bermanfaat untuk sahabat semua.
Saya percaya, dengan niat tuus berbagi dan bermanfaat maka Allah akan memudahkan jalan saya untuk nantinya benar-benar bisa menjadi seorang penulis yang hebat. Namun bukan label penulis hebat yang dicari, tapi kebermanfaatan untuk banyak orang lah yang saya cari. Doakan saya sahabat.
Doa saya pun kepada semua pembaca agar dapat selalu bermanfaat untuk orang banyak dengan cara yang baik dan benar. Terimakasih atas pengingatnya guru kehidupan sebaya, Mas Arry Rahmawan. Bagi sahabat yang ingin memiliki hidup yang produktif, saya menyarankan agar sahabat dapat mampir ke web pribadi miliknya di www.arryrahmawan.net .
Salam CerdasMulia
 

0 komentar:

Posting Komentar