Rabu, 10 Februari 2016

Keuntungan Menjadi Public Speaker



Dalam dunia public speaking, keberanian dalam berbicara di depan banyak orang sangatlah dibutuhkan. Selain itu juga, percaya diri merupakan salah satu faktor penting dalam melakukan apa yang akan kita bahas di depan umum. Begitu banyaknya orang yang memiliki keinginan untuk dapat berbicara di depan banyak orang, tapi ketika kesempatan itu datang padanya ternyata di luar dugaan, mengecewakan.

Menjadi seorang public speaker memiliki keuntungan tersendiri. Keuntungan yang mungkin tidak dirasakan oleh orang-orang yang tidak berani untuk berbicara di depan umum. Tapi banyak orang yang tidak mengetahuinya. Saya mungkin bukanlah seorang yang berprofesi sebagai public speaker saat ini, tapi setidaknya saya merasakan kenikmatan yang berbeda ketika saya melakukan hal tersebut.

Banyak yang menganggap bahwa menjadi seorang pembicara haruslah bekerja sebagai trainer, motivator. Tidak. Karena saya begitu banyak melihat ternyata bukan hanya mereka saja yang dapat berbicara di depan banyak orang. Seseorang yang berprofesi sebagai pebisnis, penulis pun dapat dikatakan sebagai seorang public speaker. Karena tidak jarang, mereka diundang sebagai pembicara untuk berbagi pengalaman seputar jalan kehidupannya.

Begitu banyak hal yang membuat menjadi seorang public speaker itu merupakan kenikmatan tersendiri. Apa saja ya kira-kira?
e    1. Berbagi pengalaman dan menginspirasi kepada banyak orang
2    2. Memperluas tali silaturahim

Menginspirasi banyak orang dengan mengatakan apa yang telah kita lakukan itu sangat menyenangkan. Bayangkan, ketika sahabat sukses, kemudian berbagi kisah kesuksesan, kemudian orang yang sahabat bagikan inspirasi pun sukses juga, apa yang sahabat rasakan? Yak, itu nikmat. Hal yang tidak bisa sahabat rasakan ketika hanya memendam tanpa mengungkapkannya. Karena sebagai manusia terkadang membutuhkan orang lain untuk dibagikan pengalamannya agar bisa menjadi sukses bersama.

Memperluas tali silaturahim merupakan salah satu keuntungan yang tidak bisa dinilai harganya dengan apapun. Percaya atau tidak, seorang public speaker pasti akan mengenal orang baru, dan juga bisa dikenal orang baru. Saya pun merasakan hal itu. Saya sangat senang ketika diberi kesempatan untuk mengisi acara di satu tempat, kemudian bertemu dengan hal baru. Mengenalnya, dan dikenalnya. Banyak jaringan. Insya Allah banyak rezeki. Umur insya Allah dipanjangkan.

Setidaknya masih banyak lagi keuntungan yang didapatkan jika kita menjadi seorang public speaker. Namun saya hanya mencoba untuk berbagi dua keuntungan yang paling saya rasakan ketika saya melakukan hal tersebut. Keuntungan yang tidak saya dapatkan ketika saya hanya menjadi penonton, bukan pemain.

Jika sudah seperti itu, apakah kita masih berpikir untuk tidak berniat melakukan suatu hal yang bermanfaat sehingga nantinya kita mendapat kesempatan untuk menjadi seorang pembicara dan menyampaikan hal yang bermakna sehingga mendapat keberkahan dalam hidup ini? Hehe

Let’s Speak to Inspire ! !

0 komentar:

Posting Komentar